Jadwal Tes SKD CPNS BKN

Setelah lama ditunggu akhirnya jadwal ujian SKD CPNS BKN telah resmi dipublish, jadwal ujian ini dipublish setelah sekian lama aturan mengenai pelaksanaan tes CPNS digodok dikarenakan rangkaian kegiatan seleksi CPNS tahun 2021 masih dalam masa pandemi COVID-19. Ketentuan pelaksanaan SKD CPNS BKN T.A. 2021 sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Rekomendasi Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Jadwal Ujian SKD BKN

Nilai Ambang Batas

Kelulusan SKD BKN didasarkan pada nilai ambang batas yang diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1023 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021, sebagai berikut :

  1. Nilai Ambang Batas Kebutuhan Umum, yaitu :
    • 65 (enam puluh lima) untuk TWK
    • 80 (delapan puluh) untuk TIU
    • 166 (seratus enam puluh enam) untuk TKP
  2. Nilai Ambang Batas Kebutuhan Khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik, yaitu:
    • Nilai kumulatif SKD paling rendah 311 (tiga ratus sebelas)
    • Nilai TIU paling rendah 85 (delapan puluh lima)
  3. Nilai Ambang Batas Kebutuhan Khusus Penyandang Disabilitas, yaitu:
    • Nilai kumulatif SKD paling rendah 286 (dua ratus delapan puluh enam)
    • Nilai TIU paling rendah 60 (enam puluh)
  4. Nilai Ambang Batas Kebutuhan Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat, yaitu :
    • Nilai kumulatif SKD paling rendah 286 (dua ratus delapan puluh enam)
    • Nilai TIU paling rendah 60 (enam puluh).
  5. Peserta yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang dinyatakan lulus SKD dan termasuk dalam 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan masingmasing jabatan berdasarkan peringkat tertinggi dari yang memenuhi nilai ambang batas.
  6. Dalam hal terdapat peserta yang memperoleh nilai SKD sama dan berada pada batas 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan jabatan, penentuan kelulusan SKD secara berurutan mulai dari nilai TKP, TIU, sampai dengan TWK.
  7. Dalam hal nilai sebagaimana dimaksud pada angka 3 masih sama dan berada pada batas 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan jabatan, maka peserta tersebut diikutkan SKB.

Penerapan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 yang sekarang masih menjadi pandemi di Indonesia, BKN mengeluarkan aturan yang harus dipenuhi peserta untuk dapat mengikuti tes, adapun aturan tersebut sebagai berikut :

  1. Peserta dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 (empat belas) hari kalender sebelum pelaksanaan ujian.
  2. Peserta wajib mengisi dan mencetak formulir deklarasi/pernyataan sehat melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari dan paling lambat 1 (satu) hari sebelum pelaksanaan ujian.
  3. Peserta yang berada di wilayah Jawa, Madura, dan Bali wajib telah mendapatkan vaksin minimal dosis pertama. Bagi peserta dengan kondisi hamil/menyusui, penyintas COVID-19 kurang dari 3 (tiga) bulan, dan penderita komorbid, wajib mendapatkan Surat Keterangan Dokter Pemerintah dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menyatakan peserta tidak dapat diberikan vaksin karena sedang mengalami salah satu dari 3 (tiga) kondisi tersebut.
  4. Peserta wajib melakukan swab test RT PCR dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam atau rapid test antigen dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam dengan hasil negatif/non reaktif sebelum tanggal pelaksanaan ujian.
  5. Peserta yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan sedang menjalani isolasi wajib melaporkan kepada Panitia Seleksi Pengadaan CPNS BKN T.A. 2021 paling lambat 1 (satu) hari sebelum pelaksanaan ujian melalui email cpnsbknmasakini@bkn.go.id (dengan subjek: PCR-Positif_Nomor Peserta) disertai bukti Surat Keterangan Dokter dan/atau hasil swab test RT PCR serta keterangan menjalani isolasi dari pejabat yang berwenang untuk dilakukan penjadwalan ulang.
  6. Peserta wajib menggunakan masker 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker) yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan.
  7. Peserta wajib menjaga jarak minimal 1 (satu) meter dengan orang lain.
  8. Peserta wajib mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan handsanitizer.
  9. Peserta wajib diukur suhu tubuhnya. Bagi peserta yang hasil pengukuran suhu tubuhnya ≥ 37,3°C dilakukan pemeriksaan ulang paling banyak 2 (dua) kali dengan jarak waktu pemeriksaan 5 (lima) menit dan ditempatkan pada tempat yang ditentukan. Jika hasil pemeriksaan ulang kedua tetap memiliki suhu tubuh ≥ 37,3°C, maka peserta diperiksa oleh Tim Kesehatan dan berlaku ketentuan sebagai berikut :
    1. Apabila Tim Kesehatan merekomendasikan peserta tetap dapat mengikuti seleksi maka peserta mengikuti seleksi dengan ditangani petugas khusus dan ruang seleksi terpisah.
    2. Apabila Tim Kesehatan merekomendasikan peserta tidak dapat mengikuti seleksi, maka peserta diberikan kesempatan mengikuti
      seleksi pada sesi cadangan dengan jadwal yang ditetapkan BKN selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).
    3. Apabila peserta sebagaimana dimaksud pada huruf b tidak mengikuti seleksi pada sesi cadangan, maka peserta tersebut dianggap gugur.
  10. Peserta yang berasal dari wilayah yang berbeda dengan lokasi ujian mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Rinciang Jadwal Ujian Peserta CPNS BKN 2021

Daftar Peserta dan Waktu Pelaksanaan Tes CPNS BKN 2021 : [ download ]

Rincian Lokasi dan Pembagin Sesi Tes CPNS BKN 2021 : [ download ]


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2021 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara klik tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2021 ini.


Info CPNS BKN Terkait

Info CPNS Jadwal Terkait


thumbnail_Jadwal Tes SKD CPNS BKN Title : Jadwal Tes SKD CPNS BKN Updated : Kamis, September 2, 2021 Posted by : Summary : Jadwal Tes SKD CPNS BKN CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara Agustus 2021

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2021 khususnya mengenai info CPNS Jadwal Tes SKD CPNS BKN di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.